Selamat datang dalam blog saya

Selamat datang dan mari berbagi melalui blog.
Bersama kita bisa memajukan dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika.
Mari kita wujudkan pendidikan matematika yang berkualitas

Google Website Translator Gadget

Rabu, 14 September 2011

Perbedaan metode, strategi, pendekatan, model pembelajaran

Seringkali orang merasa bingung dengan perbedaan metode, strategi, pendekatan, dan model pembelajaran. Untuk mengurai kebingungan tersebut, marilah kita bersama-sama mencermati masing-masing pengertian metode, strategi, pendekatan, model pembelajaran menurut pendapat ahli sebagai berikut.  
  • Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Sanjaya, 2008: 147). Metode dilakukan dengan Teknik dan taktik (penjabaran dari metode) (Sanjaya, 2008: 127). Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode (contoh bagaimana agar ceramah dapat efektif?diperhatika situasi dan kondisinya, misalnya ceramah pada saat siang dengan siswa yang banyak dengan pagi dengan sswa yg sedkit tentu saja berbeda tehnik nya). Taktik adalah gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. 
  • Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu konsep atau prosedur yang digunakan dalam membahas suatu bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Soedjana, 1986: 4). Pendekatan  dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan terjadinya suatu proses yang sifatnya masih umum. OLeh karenanya strategi dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu (Sanjaya, 2008: 127) 
  • Strategi adalah Usaha guru dalam menggunakan beberapa variable pembelajaran (tujuan, bahan, metode, dan alat serta evaluasi) agar dapat memepengaruhi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran (Soedjana, 1986: 147). Sanjaya (2008: 126) menyatakan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan (termasuk di dalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran) yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 
  • Sedangkan istilah model pembelajaran lebih luas dalam pembelajaran. Konsep model pembelajaran lahir dan berkembang dari para pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan (Rachmadi, 2004: 3). Ada berbagai model pembelajaran yang ada, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif.

1 komentar: